Header Ads

Harga TBS di Sumut Turun Drastis, Rp1400 per Kg




Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Asahan saat ini berkisar Rp1400/kg kondisi ini membuat petani mengeluh sebab biaya produksi tinggi.

Menurut Paimin salah seorang agen TBS kelapa sawit mengatakan, seminggu yang lalu harga TBS dilapangan masih diposisi Rp1550,- sedangkan pabrik menerima dengan harga Rp1750/kg dan hari ini harga pengambilan di lapangan Rp1400,- berarti harga pabrik tinggal Rp1600/ kilogramnya.

Secara terpisah Sutrisno petani kelapa sawit mengatakan, jika harga TBS terus melorot dikhawatirkan akan berdampak pada biaya produksi yang harus dikeluarkan. “Harga pupuk, biaya perawatan serta ongkos panen tidak pernah turun, jadi kalau harga jual TBS turun jelas berdampak,” ujar Sutrisno.

Dia menambahkan tidak stabilnya harga TBS jelas mempengaruhi pendapatan petani, sementara agen serta pihak pabrik tidak mempunyai tanggungjawab dengan biaya prosuksi,

“Petani harus merawat tanaman dengan memupuk, untuk memanen juga perlu ongkos, semua biaya itu tidak perna turun dan cendrung naik,” ungkapnya. (sm)
Silahkan KLIK LIKE :





Tidak ada komentar