Header Ads

Pemko Hemat APBD, Honorer Jadi Korban




Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk melakukan penghematan penggunaan anggaran di APBD belum berbanding lurus terhadap kesejahteraan tenaga kerja harian lepas (THL) yang selama ini dipekerjakan.

Kendati dapat mengurangi pengeluaran APBD sebesar Rp 4 miliar, namun 1.282 THL sejak awal 2017 belum menerima gaji sebagai haknya. Hal itu terdapat di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK)

Jika ditotalkan ada Rp 2 miliar anggaran yang dikeluarkan untuk membayar gaji para THL ini setiap bulannya. Jika belum dibayarkannya gaji tersebut, THL tersebut akan mengantarkan sampah ke kantor walikota.

Asisten III Sekretariat Kota Pekanbaru Mutia Eliza mengklaim, dengan pengurangan THL pihaknya dapat menghemat APBD sebesar Rp 4 miliar setiap bulannya.

Dia mengaku berhasilnya dilakukan penghematan tersebut buntut dari pengetatan anggaran dari pengurangan jumlah THL yang mencapai 750 orang.

"Yang umurnya lewat dari 58 tahun sudah mulai kita rumahkan. Juga yang pernah kena tegur tiga kali. Yang paling banyak DLHK, PU, Disdik dan Sekretariat," tutupnya. (ali/iil/JPG)
Silahkan KLIK LIKE :





Tidak ada komentar