Header Ads

Dikejar Kapal Myanmar yang Berisi Biksu, Nelayan Aceh Diselamatkan TNI AL




Hasanuddin (40 ) dan Yogi Prayogo (24) keduanya warga Desa Mesjid Pantai Raja Kec Pantai Raja, Kab Pidie Jaya, Aceh, terdampar dipantai Thailand, Kamis (25/05/2017).

Keduanya terdampar akibat dikejar kapal Myanmar yang diduga ditumpangi oleh para Biksu Wirathu. Kapal nelayan Aceh ini sempat mengalami kerusakan dan terdampar di pantai Thailand.Bersyukur keduanya diselamatkan TNI AL yang bergerak cepat.

Awalnya, 2 orang nelayan asal Aceh tersebut berangkat mencari ikan dari Pelabuhan Malahayati Banda Aceh. Namun, saat di tengah laut kapal mereka berpapasan dengan kapal berbendera Myanmar yang langsung menabrakkan kapal mereka. Kapal nelayan Aceh pun mengalami kerusakan dibagian mesin sehingga keduanya terombang ambing dibawa ombak, hingga terdampar ke negara Thailand.

“Kami dapat informasi dari dari keluarga mereka yang bernama Maisura (38) warga Desa Mesjid Pantai Raja Kec. Pantai Raja, Kab. Pidie Jaya, Aceh bahwa anggota keluarganya ditahan di Thailand. Mendapat info tersebut selanjutnya dilakukan koordinasi dan informasi dari ATAL BKK bahwa keduanya sudah ditangani Konjen RI di Songkhla, dan Konjen RI sudah info ke keluarga tidak ada masalah hukum dengan Pemerintah Thailand sehingga keduanya dipulangkan,”ujar Kadispen Lantamal 1 Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga.S.Sos, Senin (29/05/2017).

Keduanya, kata Sinaga sementara ditampung di kantor Polisi di Prov Panga menunggu proses pemulangan,.”Keduanya sehat dan aman menunggu penyiapan dokumen dan tiket pesawat untuk proses pemulangan,”pungkas Sinaga. (Red)


Tidak ada komentar