Header Ads

Turki Indonesia Buat Alutsista Canggih, China dan Amerika Kalang Kabut




Kerjasama Turki dan Indonesia membangun peralatan perang canggih membuat negara-negara besar seperti China dan Amerika kalang kabut. Hal ini dikarenakan kerjasama antar dua negara muslim terbesar di dunia ini sebagai kebangkitan Islam.

Pertemuan bilateral antara Presiden RI Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membahas banyak hal. Salah satu yang dibahas adalah mengenai kelanjutan kerja sama industri strategis.

"Saya menyambut baik hasil konkret kerja sama industri pertahanan, antara lain berupa peluncuran tank kelas menengah, Kaplan, produksi bersama antara Indonesia dan Turki," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Kamis (6/7/2017).

Ada pula kesepakatan antara PT DI dengan Turkish Aerospace Industry untuk proyek pembuatan pesawat. Kerja sama ini nantinya akan melanjutkan proyek pembuatan pesawat jenis CN.

"Tadi juga telah kita sepakati untuk menambah kerjasama di bidang pembuatan kapal selam dan truk dan ini juga akan segera ditindaklanjuti oleh tim dari kedua negara," imbuh Jokowi.

Diwawancarai terpisah, Menlu RI Retno Marsudi menyatakan kerja sama ini bukan sebatas untuk melawan terorisme. Tetapi kerja sama ini bersifat umum dalam industri strategis.

Jokowi juga langsung melakukan pertemuan dengan para CEO dari perusahaan-perusahaan Turki yang akan menjalin kerja sama itu. Pertemuan berlangsung di Hotel JW Marriott Ankara.
(bpn/rna)
Silahkan KLIK LIKE :





Tidak ada komentar